Arti Istilah Phase dalam Marvel Cinematic Universe

Arti Istilah Phase dalam Marvel Cinematic Universe

Kumpulan-marveldunia.web.id –¬†Demam Avengers: Endgame melanda dunia. Semua atensi tertuju pada kumpulan superhero yang telah menyedot semua nyawa untuk menyaksikan berbagai adegan pertarungan yang disebut sebagai pertarungan penutup.

Tentu saja Avengers: Endgame bukanlah penutup dari phase 3 yang sempat dibicarakan. Phase 3 atau dalam bahasa Indonesia adalah fase 3 dari Marvel Cinematic Universe ternyata ditutup oleh film Spider-Man : Far From Home. Lantas apa itu istilah “Phase” dalam dunia Marvel Cinematic Universe?

Istilah phase atau fase sendiri disebut sebagai tahapan untuk membangun cerita yang berkesinambungan dan bersinggungan antara satu film superhero dengan film superhero lainnya. Semisal film Iron Man 1 dan Thor 1 yang masuk dalam Phase 1 Marvel Cinematic Universe. Dari kedua film tersebut dibuat semacam crossover atau lebih mudahnya film Iron Man 1 dan Thor 1 saling berkaitan. Ada karakter-karakter yang muncul di film Iron Man 1 juga muncul di film Thor 1.

Dan ciri khas MCU dalam menutup setiap phase adalah dengan menjadikan film Avengers sebagai penutup dari setiap phase. Marvel Cinematic Universe juga telah mengonsep tiap phase dengan matang dan saling berkaitan. Maka dari itu ketika kalian ingin menonton Avengers: Endgame.

Kalian akan lebih paham dengan cerita di film Avengers : Endgame jika kalian mengikuti alur cerita di tiap phase. Di bawah ini ada penjelasan 4 phase MCU yang sudah diketahui. Tentunya akan menambah pemahamanmu tentang dunia MCU, simak yuk.

1. Phase 1
Sebagai phase pembuka semua jalan cerita Marvel Cinematic Universe di masa depan. Phase satu hadir dengan konsep memperkenalkan para superhero yang memiliki peranan penting di phase-phase berikutnya.

Sebut saja Captain America dan Iron Man. Dalam phase satu, fokus cerita dan alur di tiap filmnya adalah menceritakan awal terbentuknya semesta film-film MCU ke depannya. Kekuatan Infinity Stone juga perlahan diungkap di tiap film yang berada di phase satu.

Salah satunya adalah Tesseract, salah satu Infinity Stone yang kelak punya pengaruh besar di phase-phase berikutnya. Dan yang menjadi ciri khas dari phase satu adalah terbentuknya Avenger inti yaitu Captain America, Iron Man, Hulk, Black Widow, Thor dan Hawk Eye.

Walaupun Black Widow dan Hawk Eye tidak dibuatkan film sendiri pada phase satu, namun tetap saja kedua karakter tersebut dimunculkan sebagai karakter tambahan dan puncaknya yaitu di film The Avengers. Pada phase satu sendiri semesta MCU dimulai dari Iron Man 1, The Incridible Hulk, Iron Man 2, Thor 1, Captain America : The First Avengers, The Avengers.

2. Phase 2
Phase dua dimulai dari tahun 2013 hingga 2015. Ada 6 film yang bercokol di phase dua ini yaitu Iron Man 3, Thor : The Dark World, Captain America : The Winter Soldier, Guardians of The Galaxy, Avengers : Age Of Ultron dan Ant-Man. Walaupun pola urutan film hampir mirip seperti di phase 1 yaitu Iron Man, Thor dan Captain America.

Di phase kedua ini MCU lebih banyak mengeksplorasi karakter-karakter baru yang akan berpengaruh di phase berikutnya yaitu phase tiga. Sebut saja Falcon, Quicksilver, Scarlet Witch, Vision, Ant-Man dan the Guardians of the Galaxy.

Beberapa karakter baru tersebut juga akan menjadi karakter kunci di phase berikutnya. Selain mengeksplorasi beberapa karakter baru. Phase dua juga menyajikan teka-teki batu yang punya kekuatan maha dahsyat, Infinity Stone.

Sebelumnya di phase satu, salah satu Infinity Stone sudah diperlihatkan. Dan di phase dua ini MCU memperlihatkan tiga Infinity Stone sekaligus yaitu Aether(reality gem) Orb (power gem) dan Loki Scepter(mind gem). Phase dua ditutup dengan pertempuran besar para Avengers melawan monster robot bernama Ultron. Dan film Ant-Man menjadi penutup MCU di phase kedua.

3. Phase 3
Phase tiga disebut-sebut sebagai phase yang penuh kenangan dan phase yang paling berkesan bagi para penikmat film-film MCU. Di phase tiga inilah perjalanan panjang selama 11 tahun diakhiri. Tentu saja bukan akhir MCU, tapi akhir bagi beberapa superhero yang punya peran vital selama sebelas tahun.

Regenerasi dan niatan eksplorasi semesta yang lebih luas mulai ditunjukkan di phase ketiga ini. Dan tentu saja kita dapat menyaksikan kehadiran Spider-Man di phase ketiga. Setelah hak lisensi didapat, tanpa pikir panjang Spider-Man mengambil dua cerita sendiri di phase ini. Tentu ini bisa menjadi sebuah petunjuk jika ada kemungkinan Spider-Man akan mempunyai peran vital di phase keempat.

Hal ini berkaca dari daftar rilis film di phase kedua yang di mana setelah film Avengers : Age Of Ultron ada film Ant-Man. Dan bisa dilihat, Ant-Man menjadi karakter kunci di phase ketiga, apakah Spider-Man juga akan seperti itu? Menarik kita nantikan.

Phase ketiga adalah phase yang cukup gemuk. Berisi sebelas film yaitu Captain America : Civil War, Doctor Strange, Guardians of The Galaxy Vol.2, Spider-Man : Homecoming, Thor : Ragnarok, Black Panther, Avengers : Infinity War, Ant-Man & The Wasp, Captain Marvel, Avengers : Endgame, dan Spiderman : Far From Home.

Baca Juga : Karakter Yang Akan Muncul di Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Konflik yang terjadi pada phase ketiga ini cukup rumit. Pecah kongsi antara Iron Man dan Captain America menjadi bumbu yang cukup menarik. Selain itu karakter baru seperti Spider-Man, Black Panther, Dr. Strange dan Captain Marvel adalah hal yang sangat dinanti-nanti penikmat Marvel.

Di phase inilah apa sebenarnya Infinity Stones diungkap. Kepingan-kepingan teka-teki mengenai Infinity Stones akan jelas. Walaupun phase ketiga ini sarat konflik di dalam internal para superhero yang tergabung dalam Avengers.

Namun, semua menjadi jelas bahwa phase ketiga adalah phase perpisahan bagi para superhero veteran yang sudah mulai menua. Dengan hadirnya dua seri film Avengers, yaitu Infinity War dan Endgame. Marvel menjawab semua spekulasi dengan menyebut bahwa Avengers : Endgame akan menjadi momen perpisahan para superhero veteran.

4. Phase 4
Sebenarnya phase empat belum memiliki gambaran resmi. Namun, berdasarkan apa yang disampaikan Kevin Feige. Ia menyebut phase empat akan berdurasi lima tahun. Beredar rumor bahwa phase empat akan mengeksplorasi semesta yang lebih luas. Tidak lagi bumi namun poros semestanya lebih mengambil semesta kosmik yang lebih luas.

Film-film yang masuk dalam rencana phase empat yaitu Guardians of The Galaxy Vol.3, Black Widow, Eternals, Doctor Strange 2, Black Panther 2 dan Sang-Chi. Phase empat juga mungkin akan penuh dengan karakter-karakter baru yang cukup segar. Apalagi setelah akuisisi hak lisensi oleh Disney untuk film seperti Fantastic Four dan X-Men. Phase empat akan menjadi phase yang cukup menarik dan patut ditunggu.

Menarik memang jika membahas MCU. Semua orang menyukai bagaimana semesta imajinasi yang berisi para superhero luar biasa bisa saling bersinggungan satu sama lain. Phase yang hadir sebagai alur yang mengarahkan setiap cerita menjadi daya tarik luar biasa ketika pada setiap phase telah mencapai puncaknya.

Dan tentu saja semua orang menanti, hingga “phase” berapakah dunia superhero MCU akan bertahan.

Related posts